JellyPages.com

Wednesday 5 June 2013

------ AntRopomEtri ------


Hello all…! Let’s see, apa yang akan kita nk bincg kali ini???? 

Antropometri. Apa itu????? 
Antropometri berasal dari kata anthropos yang bermaksud manusia dan metros pula bermaksud ukuran. Antropometri dapat didefinisikan sebagai suatu tentang pengukuran tubuh manusia dalam hal dimensi tulang, otot, dan jaringan lemak.  Dengan pengukuran antropometri ini akan diketahui tinggi badan, berat badan, dan ukuran badan aktual seseorang. Selanjutnya tinggi badan, berat badan dan ukuran tubuh (termasuk skinfolds dan circumferences) aktual seseorang ini dapat digunakan untuk tujuan menilai pertumbuhan dan distribusi lemak tubuh seseorang, serta dapat berguna sebagai data referensi.


seterusnya ,,,,

Antropometri merupakan bagian dari ilmu ergonomi yang berhubungan dengan dimensi tubuh manusia yang meliputi bentuk, ukuran dan kekuatan dan penerapannya untuk kebutuhan perancangan fasilitas aktivitas manusia.
Data antropometri sangat diperlukan untuk perancangan peralatan dan lingkungan kerja. keselesaan dalam menggunakan alat bergantung kepada kesesuaian ukuran alar dengan ukuran manusia. Jika peralatan yang digunakan tidak sesuai, maka dalam jangka waktu tertentu akan mengakibatkan sakit pada tubuh badan 


Antropometri merupakan pengetahuan yang berkaitan pengukuran dimensi tubuh manusia dan karakteristik khusus lain dari tubuh yang relevan dengan perancangan alat-alat / benda-benda yang digunakan manusia. 

Antropometri dibahagi kepada dua jenis iaitu:
1. Antropometri Statis, dimana pengukuran pada manusia dilakukan dalam posisi diam pada permukaan tubuh.
2. Antropometri Dinamis, dimana pengukuran dilakukan dengan memerhatikan gerakan-gerakan yang mungkin terjadi saat pekerja tersebut melaksankan kegiatannya.

Antropometri biasa digunakan dalam bidang perancangan produk yang berkaitan dengan manusia. Hampir semua produk yang ada memang berkaitan dengan manusia. sebagai contoh, pedal rem pada mobil. Pernahkah kawan-kawn rasa pedal tersebut lebarnya terlalu sempit? peralatan tersebut telah diukur dengan mengambilkira antropometri tubuh manusia.

akhir kata diharap perkongsian kite untuk hari ni memberi input kepada kawan2 ye.....:)::;
yang baik dari tuhan dan yang lemah adalah dari diri sy sendiri yang juga masih belajar.....jeheheheheh...

sy tinggalkn kawn2 dengan 1 video tentg antropometri....

0 comments: